Rabu, 24 Agustus 2011

Menjadi Kuat Di Dalam Tuhan

 Introducing : Eph 6:10  Akhirnya, hendaklah kalian menjadi kuat dengan kekuatan yang kalian dapat dari kuasa Tuhan, karena kalian bersatu dengan Dia ( BIS) - Eph 6:10  Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya (ITB )

Kitab Efesus Adalah kitab penggembalaan yang sungguh dashyat, pada ayat ke 10 dari kitab kepada Gereja Kota di Efesus yang merupakan kitab Letter Pastoral  ( kitab Penggembalaan) dari sang pendiri dan perintis gereja Efesus kepada jemaat yang ada disana dan juga kepada pengurus sidang gereja kota di efesus.

Pada Ayat yang ke 10 dikatakan : Akhirnya  - Finally -  Τὸ λοιπόν (Loipon ), Adalah sebuah kesimpulan akhir dari sebuah surat kepada gereja di efesus   dimana pada pasal pasal sebelumnya ada begitu banyak  nasihat bimbingan dan arahan dari sang rasul kepada  gereja kota di efesus, pesan bahwa akhir dari perjalanan kehidupan kekristenan kita adalah tetap kuat dan berdiri teguh didalam Tuhan , ayat 13b “supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu”.

The Christian Life is A war ( Kehidupan kristenan adalah sebuah peperangan ) kita mungkin akan kehilangan beberapa pertempuran dalam hidup ini tetapi saya pastikan saudara harus memenangi sebuah  peperangan  kehidupan kekristenan saudara, Tuhan memberikan kepada kita dua hal yaitu waktu – Momentum  &  hidup , nah bagaimana saudara dan saya mengisi momentum yang hanya singkat ini dengan sesuatu yang dashyat dalam hidup kita, setiap kita adalah orang orang dashyat dalam hidup ini  Pemazmur berkata : Mazmur 139:14  Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Sejarah kejadian kita dashyat dan ajaib – ada DNA the winner dalam kehidupan kita, katakan amin itu adalah saudara dan saya dan prosesnya seperti berikut : dalam hubungan seksual antara suami istri maka sang suami akan mengeluarkan 400 juta sel sperma pada saat terjadi ejakulasi. Jutaan sel sperma ini akan berjuang menuju sel tempat sel telur menunggu yaitu di tuba falopi, dari sekitar 400 juta sel sperma yang mengawali perjuangannya, hany aada sekitar 100 yang berhasil mencapai tempat dimana sel telur menunggu untuk di buahi dari 100 yang tersisa tersebut hanya 1 yang bisa bersatu dengan sel telur yang di sebut fertilasi , bukankah fakta ini menunjukan bahwa saudara dan saya mengawali hidup sebagai pemenang ? ya  saudara dan saya adalah pemenang.

Loipon adalah kesimpulan akhir yang nantinya akan di alami oleh setiap  saudara dan saya sebagai pemenang dan lebih dari pemenang pemenang perjanjian baru yang telah dimeteraikan oleh darah perjanjian yang dashyat  serta di meteraikan oleh  Roh Kudus, setiap peperangan pasti ada akhirnya dan Kristus mau supaya saudara dan saya tetap berdiri teguh, saudara tidak akan mengalami peperangan itu sendiri karena Kristus sebagai superhero  bagi kita turut berperang dengan kita. Zep 3:17  TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai. Jadinya penting bagi saudara dan saya untuk mengakhiri suatu pertandingan atau peperangan dengan baik ( ending`s well ).

Loipon Endunamos : ayat 10 -  Allah kita adalah Allah yang  DUNAMIS  - akar katanya dunamis- dunamos – dinamit  = nama  sekaligus menjelaskan daya dan cara kerjanya,  dinamit adalah alat/ bahan peledak ( explotion ), jadi kalau saudara dan saya didalam Tuhan  maka saudara dan saya didalam dunamis dunamos  maka akan ada daya ledak yang luar biasa karena Allah didalam saudara, daya ledak dalam perkara2 yang supra ilahi dalam kerjaan, sekolah, pendidikan, pelayanan dan lain sebagainya bukankah ini sungguh dahsyat. Katakan haleluyah amin, saudara harus tetapa didalam dunamos – orang orang yang hidup dalam Tuhan pasti hidupnya dinamis mantab dan oke selalau ada perkara perkara supra ilahi  dan manisfestasi kerajaan sorga terjadi dalam hidupnya ya dan akan selalu, karena   lets keep fire burning  saudara dan saudariku.


Pada bagian berikutnya dari ayat ini dikatakan  “di dalam kekuatan kuasa-Nya “ ayat 10b.(Κυρίῳ καὶ ἐν τῷ κράτει τῆς ἰσχύος αὐτοῦ ) ada 3 kata luar biasa dala frase ini sebagai berikut :

1.       Kurios -   Master dan Tuhan kita dikatakan sebagai berikut didalam  Jer 17:5 - 6 Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!   Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk.  Intinya adalah  diluar Tuhan kita tidan bisa berbuat apa hanya Tuhan saja( “ Theres no one can restore our situation better than God “ – Roi . S )  jauh sebelum  Tuhan kita Yesus kristus  datang ke bumi untuk menyelamatkan dan menebus dosa saya dan saudara Tuhan sudah terlebih dahuluu lewat nabi Yesaya memjelaskan Klualitas Tuhan dan juruslamat sperti apa yang akan datang ke bumi dan kualitasnya tidak main main mari kita simak  didalam Isa 9:6  (9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.  


                             Saudara dan saya bisa melihat  4 kulitas yang maha dashyat :
·     Penasihat  Ajaib  :  datang kepada  Dia kalau kekurangan hikmat bukankah Roh kudus  akan memberitahukan kepada  dan menjelaskan kepada segalanya tunggu apa lagi, run to Him
·        Allah yang perkasa = so dont limit God – jadi lakukanlah hal2 yang luar biasa karena Allahmu perkasa
·      Bapa yang ajaib dialah satu satunya Bapa kita sebagai Bapa Dia akan menjalankan kewajibanya atas kita sebagai anak – anakNya  yang akan menerima kasih sayang , perlindungan dan dan pemeliharan Bapa
·   Raja damai  inilah yang di cari manusia dimuka bumi dnegan berbagai cara -  semuanya hanya ada didalam Yesus .

2.Kratos = dominion  - power -  Tuhan telah berikan kita kuasa  markus 16 menjelaskan kuasa macam apa yang kita terima dari Bapa – so catch Him mari alami  epiginosko dengan Tuhan pasti dahsyat.

3. Ischus – ability – Kuasanya  atau kemampuan yang Tuhan telah Bapa Taru dalam kita  dengan DNA pemenang, nah  ini bisa di aktifkan dengan proses rendaman dalam hadirat Tuhan pergaulan dengan firmanya   maka mansuia batiniah kita kuat atau manusia roh, dan hal hal yang rohani itupulah yang akan menolong kita di saat saat emergency . Amin

      Warmest Regard By Ps. Roi - Kamis 11. 43 dari Puri Tapa Bratha -Jln Plawa Gg III BB Agung   - Negara Bali         
                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar