Kamis, 21 Juli 2011

5 Alasan Mengapa Orang Gagal Mencapai Sesuatu Dalam Hidupnya

Banyak orang bermimpi untuk meraih sesuatu. Ingin sukses/berhasil dalam hidupnya, tetapi hanya sedikit orang yang berhasil merenggutnya. Padahal Alkitab baik dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru secara gamblang menjelaskan bahwa sangat rindu agar setiap kita menjadi pribadi yang berhasil (holistik). Nah, dalam renungan kali ini saudara diajak untuk merenungkan minimal ada lima alasan, Mengapa orang gagal mencapai sesuatu dalam hidupnya

1. Gampang Menyerah. (Yosua 1:6,7,9)
Yosua1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka. 1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi. 1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."Yosua berhasil membawa bangsa Israel masuk tanah Kanaan karena ia tidak gampang menyerah (tekad yang bulat). Abraham Lincoln berhasil meraih kursi presiden AS dua kali berturut-turut karna ia tidak gampang menyerah. Meskipun sebelumnya ia pernah mengalami beberapa kegagalan. Mahatma Gandhi berhasil membebaskan India dari penjajahan Inggris karna ia tidak gampang menyerah. Marten Luther King Jr. berhasil membebaskan Amerika dari diskriminasi rasisme karena ia tidak gampang menyerah. Mantan presiden Afrika Selatan (Afsel) berhasil membebaskan Afsel dari pemerintahan Apartheid karena ia tidak gampang menyerah, meskipun ia harus dipenjara dan disiksa. Saudara akan dan pasti meraih sukses besar dalam hidupmu bila saudara berkomitmen untuk tidak gampang menyerah. Haleluya.

2.Tidak punya keyakinan yang kuat untuk mencapai keberhasilan (Ayub. 3:25) 3:25)
Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku. Orang yang tidak memiliki keyakinan untuk mencapai sukses sama dengan orang yang ragu-ragu, kala kita menjadi manusia peragu maka pasti kita akan gagal. Keragu-raguan sebenarnya secara tidak sadar akan menggerogoti semangat juang seseorang, sehingga bila hal ini terus dibiarkan maka orang tersebut akan kehilangan gairah hidup untuk berjuang dan akhirnya kita bisa tebak bahwa kegagalan dan kehancuran akan terjadi atas hidupnya. Untuk meraih sesuatu dalam hidup ini kita butuh keyakinan yang kuat. Karna dengan keyakinan yang kuat tersebut akan memberikan energi bagi kita untuk terus berjuang.

3.Tidak berani bertindak (Ibrani. 11:1)
Salah satu ciri orang Kristen yang benar atau sejati adalah mampu mengejahwantahkan/menampakkan imannya dalam kehidupan sehari-hari. Artinya apa yang kita imani harus kita buktikan lewat tindakan dalam kehidupan yang nyata. Tuhan sangat respek dengan orang-orang yang mau melakukan tindakan iman meski ada resiko. Belajar dari kisah Abraham mempersembahkan Ishak. Kejadian 22:1-18.

4.Tidak memiliki strategi/perencanaan (Lukas. 14:28-32)
Dalam kisah ini, kita menemukan salah satu rahasia yang diajarkan oleh Tuhan Yesus untuk meraih sukses besar dalam hidup kita adalah memiliki STRATEGI/PERENCANAAN. Hal ini juga dibenarkan oleh John Maxwell, ahli kepemimpinan Kristen yang namanya sudah mendunia ia berkata, “Tidak memiliki perencanaan berarti Anda sedang merencanakan KEGAGALAN”. Artinya kalau kita mau berhasil, kita HARUS punya strategi atau perencanaan. Mau buka usaha harus direncanakan, mau bangun rumah harus direncanakan mau buka gereja harus direncanakan, mau nikah harus direncanakan, mau punya anak harus direncanakan. HALELUYA.

5. Tidak mempunyai Visi
Sejarah mencatat, Yusuf bisa menjadi orang ke-2 di Mesir karena ia memiliki Visi. Kejadian 37:5-11, 41:37-57. Saudara bisa menjadi bisnisman yang berhasil, politikus yang berhasil, gembala sidang yang sukses, pengkotbah yang sukses, penulis yang sukses, saudagar yang sukses, apabila saudara memiliki visi yang jelas. Menyadari bahwa visi begitu penting bagi keberhasilan kita maka bagi saudara yang belum memiliki visi berdoalah agar Tuhan menaruh visinya dalam hidup saudara dan saudara pasti BERHASIL. Tuhan memberkati. 

By. Pdt. Ferry Haurissa Kakay.S.Th ( Sekum GBI )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar