Jumat, 29 Juli 2011

Catatan Seorang Facebookers

Pertumbuhan greja saat ini sudahlah sangat pesat, baik dari konstruksi bangunan, jemaat, organisasi gereja, sampai jumlah jemaat suatu gereja. Tapi apakah semua jemaat mengalami lawatan dan pertumbuhan kerohanian yang sama? jangan kita hanya melihat kekurangan dari sisi jemaat yang dianggap tidak dapat mendengar suara Tuhan, kalaupun itu memang kesalahan dari jemaat baiklah jemaat itu menyelesaikan urusannya dihadapan Tuhan, dan biarkan Tuhan berbicara secara pribadi dengan orang tersebut. kita lewatkan sejenak masalah jemaat yang tidak dapat bertumbuh kerohaniannya, ada suatu masalah yang lebih penting yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari kita sebagai jemaat,Full Timer, gembala Tuhan, pelayan gereja, ataupun sebagai jemaat biasa.

Saya berkesempatan berkunjung ke beberapa gereja, baik itu gereja kecil ataupun gereja besar, yang ada di Bali maupun luar bali, dengan semua aliran gereja yang berbeda. . Dari gereja yang jemaatnya hanya 50org, sampai yang jemaatnya puluhan ribu orang dengan 3-4x ibadah dalam satu harinya. Semua gereja menyampaikan kebenaran firman Tuhan, menyampaikan isi hati Tuhan (Katanya sih, Biasanya kalau udah gini tentang persepuluhan dan persembahan) hhehe, menyampaikan janji-janji Tuhan dalam kehidupan kita, menyampaikan tentang pertolongan Tuhan, yang intinya menyampaikan kebenaran firman Tuhan. Setiap Harinya gerejapun di sibukan dengan berbagai kegiatan, dari senin-minggu selalu penuh dengan kegiatan, dari doa pagi, doa malam, doa puasa, doa pekerja, ibadah pemuda, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya. kegiatan kegiatan tersebut sangatlah bermanfaat baik untuk keakraban antar jemaat dengan jemaat, jemaat dengan pelayan/fulltimer, jemaat dengan gembala. Satu hal yang sangat saya soroti, "MENGAPA GEMBALAH HANYA BERURUSAN/mengobrol DENGAN ORANG-ORANG YANG BERPENGARUH DI GEREJA (uangnya yg berpengaruh) haha. . . seolah-olah jemaat biasa hanya sebagai penonton golongan jetset di gereja, dimanakah sifat gembala yang seharusnya mengayomi jemaat? mana teladan kristus dalam dirinya? (setau saya Kristus gak mata duitan).

Gereja yang besar (Bangunannya Milyar2an loo) sangatlah MENARIK HATI jemaat, dengan soundsystem yang sangat mahal, pemain musik yang profesional, lighting yang WAAAHHH, penari tamborin yang gemulai, choir yang sangat merdu, tapi apa semua itu menjanjikan gereja yang penuh dengan lawatan Tuhan? apa semua itu dapat membawa jemaat masuh lebih dalam ke hadirat Tuhan? saya tidak menyalahkan gereja bertumbuh besar, yang saya sayangkan, apakah gembala geraja tersebut JUGA BERSAHATAB DENGAN JEMAAT YANG BIASA BIASA SAJA BAHKAN TERGOLONG MISKIN? saya pastikan jawabannya TIDAK, "GEMBALA TUHAN HANYA BERSAHABAT DENGAN JEMAAT YANG UANGNYA BERPENGARUH DI GEREJA TERSEBUT" sungguh mengenaskan. . .
Berkesempatan beribadah di gereja BESAR (uangnya) saya tidak merasakan suasana keakraban antar jemaat, suasananya sangan dingin, seusai ibadah gembala gereja tersebut langsung pergi meninggalkan gereja dengan mobil mewahnya.. ha ha ha, mobil dari DUIT JEMAAT atau BERKAT TUHAN???????? Hahahahaha, saya sangat tergelitik memikirkan hal hal tersebut. Saya mempunyai seorang guru agama saya semasa saya SMA, ia menyampaikan keluhannya kepada saya, ia berkata, "Ger, kalau om badannya kurus nt orang bilang masa gembala Tuhan kurus, pasti kurang Doa. tapi Ger, kalau om gemuk nanti jemaat pikir om nilep duit perpuluhan" saya hanya tertawa mendengar keluhan om itu.. hahaha. Kejadian lain yang tidak kalah membuat saya tertawa menengarnya, mama saya datang ke ibadah KKR kebetulan waktu itu ir.niko sebagai pembicaranya, cuaca hari itu sedikit kurang bersahabat, cuaca hujan, mama saya datang ke acara tersebut bersama seorang teman yang terkenal memiliki andil besar dalam KEUANGAN gereja X. Sesampainya di tempat acara, teman mama saya tersebut bingung karena didalam mobilnya tidak ada payung, sehingga ia memutuskan untuk menelpon Gembala jemaat gereja X tersebut, TAUKAH ANDA?? ditengah hujan deras seorang gembala menjemput ke mobil membawa payung. ya, saya akui itu perbuatan gembala yang sangat terpuji, tapi yang ingin saya tanyakan, "APAKAH HAL ITU MUNGKIN DILAKUKAN KEPADA JEMAAT YANG BIASA2 SAJA/MISKIN?" sangat tidak mungkin bukan?? hahahaha. . . tidak hanya sampai disitu, si Gembala ini mencarikan tempat duduk spesial untun mama saya dan temannya, ia rela mencarikan tempat duduk di tempat orang2 cacat. hahaha. . saya mendengarnya hanya tersenyum (pengennya ketawa tapi nt dikiranya gak sopan) hahaha. . .

Aada lagi sebuah keluhan yang di sampaikan teman saya dari gereja lain, ia mengeluhkan, Persepuluhan yang menggunakan sertifikan rumah, sertifikan tanah, cincin, kalung gelang emas dan surat2 berharga lainnya, yang saat ibadah dilitakan di altar tempat persepuluhan, ada 2 pertanyaan saya, 1. Ini gereja atau TEMPAT LELANG atau TEMPAT PENGGADAIAN? 2. Ini Dengan maksud memperkaya GEMBALA atau untuk keperluan gereja? hahahahahaha. . .
"Gereja jaman kini adu kaya GEMBALA"

Suatu hal yang sangat mencolok adalah, Gereja A dan gereja B sama2 mempunyai gembala, tugas gembala sama, memang berkat Tuhan yang atur, tetapi yang terjadi disini adalah, "GEREJA DENGAN BANYAK ORANG KAYA DIDALAMNYA GEMBALANYA SUBUR, TETAPI GEREJA BIASA2 ATAU BAHKAN GEREJA KECIL GEMBALANYA TETAP SAJA KECIL, bahkan makan pun terkadang harus tunggu berkat" sayapu kembali bertanya dalam hati saya, "INI TUHAN YANG TIDAK ADIL ATAU JEMAAT JEMAAT GOLONGAN JETSET TIDAK ADA DI SUATU GEREJA?????????????"
"MENGAPA SAMA SAMA GEMBALA TETAPI BERKATNYA BERBEDA?" dengan pengamatan saya, saya dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan tersebut, jawaban saya, "SIAPA MAU JADI GEMBALA TUHAN DAN MENDIRIKAN SEBUAH GEREJA HARUUUUUUUUUSSSSS BERTEMAN DAN PINTAR MELOBI ORANG ORANG GOLONGAN JETSET...
"lHA, kalau keadaannya seperti ini GEMBALA yang biasa2 saja ya akan tetap menjadi biasa2 saja.... hahahaha. . .

Saat ini kehidupan gembala2 besar gereja di Indonesia sudah bukan merupakan rahasia, kehidupan yang mewah, mobil mewah, ATM dan kartu kredit serba prioritas, jalan2 keluar negeri, dan banyak fasilitas mewah lainnya. Maka dari itu saat ini sekolah alkitab menjadi alternatif baru sabagai cara CEPAT KAYA (Yang lagi sekolah Alkitab tetep semangat, nt jadi gembala yang benar yaa).

Saat ini mencari gereja yang besar GAMPANG, mencari gereja yang memiliki interior yang mewah GAMPANG, mencari gereja dengan jumlah jemaat yang besar GAMPANG, Tetapi mencari GEREJA YANG SEHAT yang susah...
jangan mencari gereja dimana anda merasa nyaman, dmana anda merasa di perhatikan (uangnya), tetapi carilah gereja dmana anda dapat bertumbuh secara kerohanian anda

Saya hanya tidak ingin memikirkan hal ini sendirian, saya juga tidak tau harus bagaimana membenahi gereja yang sudah terlanjur mengandalkan DUIT jemaat. . .Jadilah gereja yang sehat, perhatikan jemaat2 kecil, , ,

Akhir kata saya GERRY TOH, mengakhiri tulisan ini, semoga dapat menjadi berkat bagi kita semua, ,
TUHAN YESUS MEMBERKATI... :)

NB : Hasil pemikiran sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar